9 Mitos Dan Fakta Minum Air Putih - Informasi Kesehatan

Latest

informasi kesehatan, tips kesehatan, kecantikan, pengobatan alami, manfaat dan khasiat, jenis penyakit dan tips diet.

9 Mitos Dan Fakta Minum Air Putih

Kita semua membutuhkan air untuk hidup, tetapi berapa banyak air yang kita butuhkan kita harus benar-benar tahu akan hal itu? Selama ini yang kita tahu tentang kebenaran minum air delapan gelas per hari.

Jangan salah memang hal tersebut kelihatan sederhana tetapi anda harus mencari tahu kebenarannya. Banyak mitos yang menyebabkan kesalahan pemahaman tentang manfaat air dan bahayanya.

Lebih baik anda mempelajari cara membedakan antara fakta dan mitos tentang air minum. Berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai mitos dan faktanya diantaranya:

1. Setiap orang perlu meminum air delapan gelas sehari

Mitos. Karena ada Suatu studi yang dikeluarkan oleh The Institute of Medicine menyebutkan bahwa mengkonsumsi air yang dianjurkan adalah 3 liter per hari atau setara dengan 13 gelas bagi laki-laki dan 2,2 liter per hari atau setara dengan 9 gelas bagi wanita.

Anda mungkin sering mendengar anjuran: minumlah minimal 8 gelas air setiap hari. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah. Mengkonsumsi 8 gelas air per hari atau setara dengan 1,9 liter digeneralisasikan bagi seseorang dengan aktivitas yang normal dan kondisi fisik yang sehat.

2. Minum air menetralkan racun dari tubuh Anda. 

air mineral
Fakta. Meskipun air tidak selalu menetralkan racun, tetapi ginjal menggunakan air untuk menyingkirkan produk-produk limbah tertentu. Jika tidak minum cukup air , ginjal tidak memiliki jumlah cairan yang mereka butuhkan untuk melakukan pekerjaannya dengan baik .

" Jika tubuh tidak memiliki cukup air , maka limbah metabolik tidak akan dihapus secara efisien sebagaimana mestinya , " jelas Amy Hess - Fischl , RD , CDE , dari University of Chicago Kovler Diabetes Center. " Pada umumnya , tubuh akan menyerap racun bukannya mengusir mereka, seperti hal yang diperlukan untuk kesehatan yang layak . "

3. Air minum kemasan dapat menyebabkan gangguan gigi

Mitos. Air minum kemasan tidak menyebabkan gangguan pada gigi , sedangkan biasanya air minum kemasan tidak mengandung fluoride apapun, yang ditambahkan ke air untuk membantu mencegah gangguan pada gigi .

" Fluoride merupakan elemen yang sangat penting dalam menetralisasi tulang dan gigi , " kata Constance Brown - Riggs , RD , CDE , penulis The African American Panduan Untuk Hidup Yah Dengan Diabetes dan ahli gizi dan pendidik diabetes bersertifikat di New York City.

" Dengan meningkatkan konsumsi air minum kemasan , yang tidak mengandung fluoride , mengakibatkan peningkatan terjadinya karies gigi [ rongga ].”

4. Minum air putih membantu Anda menurunkan berat badan

Fakta. Minum air tidak akan secara khusus memicu penurunan berat badan , tetapi dapat membantu dalam proses. Air menggantikan minuman sarat kalori lainnya dalam diet , menyebabkan Anda untuk mengurangi jumlah keseluruhan kalori .

Plus, dapat membuat Anda merasa kenyang , sehingga Anda mungkin makan lebih sedikit setiap kali makan . Air , air yang sangat dingin , bahkan mungkin memainkan peran dalam meningkatkan metabolisme Anda .

" Sebuah studi baru tampaknya menunjukkan bahwa minum air putih justru mempercepat penurunan berat badan , " kata Tanya Zuckerbrot , MS , RD , pemilik Tanya Zuckerbrot Nutrition , LLC , di New York City."

Para peneliti di Jerman menemukan bahwa subyek penelitian mengalami peningkatan metaboliasme tubuh [ atau tingkat di mana kalori yang dibakar ] oleh 30 persen setelah minum sekitar 17 ons air . 

5. urine kuning adalah tanda dehidrasi.

Mitos. Hal ini dapat terjadi , tetapi tidak semua urine kuning di sebabkan karena dehidrasi. " Urin berwarna kuning gelap mungkin merupakan tanda dari dehidrasi , " kata Zuckerbrot .

" Ginjal menyaring produk limbah dan menyerap air dan zat-zat lain yang berguna dari darah , sehingga mereka mengontrol volume dan konsentrasi urin . Dehidrasi menyebabkan konsentrasi urin meningkat , mengubah urin Anda berwarna kuning gelap .

Idealnya urine Anda harus berwarna kuning jerami. Faktor-faktor lain seperti mengkonsumsi multivitamin , juga dapat menyebabkan urin menjadi kuning. 

6. Jika Anda haus , Anda sudah mengalami dehidrasi.

Mitos. Jika Anda mulai merasa haus , segerakan untuk minum, tapi haus tidak berarti Anda mengalami dehidrasi .

" Thirst dimulai ketika konsentrasi [ zat dalam ] darah telah meningkat kurang dari dua persen , sedangkan sebagian besar ahli akan menentukan dehidrasi sebagai awal ketika konsentrasi yang meningkat minimal lima persen , " catatan Hess - Fischl
baca juga mitos dan fakta menstruas

7. terlalu banyak minum air bisa berbahaya.

Fakta. Orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu dapat menempatkan pada risiko komplikasi jika mereka minum terlalu banyak air .

" Orang-orang dengan keluhan jantung , tekanan darah tinggi , atau pembengkakan pada kaki bagian bawah [ edema ] perlu menghindari kelebihan air , " kata Hess - Fischl . " Jika Anda memiliki sejarah masalah ginjal , terutama jika Anda telah memiliki transplantasi , konsultasikan dengan dokter Anda sebelum meningkatkan asupan cairan Anda .

" Hess - Fischl menambahkan bahwa Anda tidak di anjurkan minum terlalu banyak air saat makan , karena melemahkan asam lambung Anda dan dapat menyebabkan masalah pencernaan .

9. Anda tidak harus menggunakan kembali botol air plastik.

Fakta. botol air plastik dapat mengakibatkan beberapa risiko untuk orang yang minum isinya dan kemudian mengisi ulang lagi. "air dapat menyerap bahan kimia dari botol setelah digunakan beberapa kali, " Hess - Fischl menjelaskan . " jika, botol tidak dibersihkan dengan benar , mungkin akan menjadi tempat berkumpulnya bakteri dari mulut Anda . "

Air sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia, dengan menggunakan fakta ini anda bisa mencari tahu apakah Anda perlu meningkatkan asupan konsumsi Anda, atau Anda merasa yakin bahwa Anda sudah cukup mengkonsumsi air tersebut.

2 comments:

  1. ternyata banyak manfaatnya yah sob, makasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama sob sory ya kalo tata bahasanya susah di mengerti. soale lagi belajar ngeblog ni sob

      Delete